Dua perusahaan kembali berkomitmen untuk bebas kandang



Pada bulan Februari lalu dua perusahaan kembali mengumumkan komitmennya untuk tidak menggunakan kandang baterai dan melarang telur dari sistem kandang baterai dalam rantai pasok mereka setelah dialog bersama yang dilakukan dengan Sinergia Animal dan organisasi perlindungan hewan lainnya.


Food Delivery Brands telah menerbitkan kebijakan yang mengikuti pedoman Komitmen Kesejahteraan Ayam Eropa dan telah berkomitmen untuk hanya menggunakan telur ayam bebas kandang baterai untuk produk di semua pasar globalnya pada tahun 2026. Perusahaan Spanyol yang memulai operasinya dari lebih dari 30 tahun yang lalu ini, kini memiliki lebih dari 2.600 lokasi di seluruh dunia, termasuk di Chili dan Kolombia.


Lemon Farm, perusahaan ritel dalam bidang kesehatan dan organik terkemuka di Thailand dengan 17 lokasi di negara tersebut, juga telah mengumumkan komitmen untuk menggunakan 100% telur bebas kandang di semua produk mereka saat ini dan di masa mendatang. Kebijakan tersebut merupakan keputusan permanen dan akan diterapkan pada semua merek telur (label sendiri maupun pihak ketiga) di semua lokasinya.


Kandang baterai dianggap sebagai salah satu praktik paling kejam dalam industri peternakan. Dalam sistem yang intensif ini, ayam petelur tidak dapat melakukan banyak perilaku alami mereka, seperti mengepakkan sayap sepenuhnya, mematuk, dan bersarang. Akibat kurungan yang ekstrim, mereka merasakan tingkat stres yang tinggi dan jauh lebih rentan terhadap perkembangan penyakit yang menyakitkan.


Sinergia Animal menggunakan dialog, negosiasi, dan kampanye kesadaran publik untuk mendorong perusahaan-perusahaan makanan besar untuk mengadopsi kebijakan bebas kandang dalam rantai pasok mereka.


Hal ini adalah kemajuan besar yang akan berdampak pada kehidupan ribuan ayam di berbagai negara! Kandang baterai dapat menyebabkan ayam menderita dan mengalamu frustrasi sepanjang hidup mereka.