Bisakah kalian membayangkan hidup dalam sangkar, tidak bisa bergerak, terkurung, seringkali harus di antara orang-orang yang sudah mati? Tentunya, kalian tidak akan bertahan hidup. Namun ini adalah bagaimana jutaan ayam di industri telur dipaksa untuk hidup di Asia Tenggara.

 

Jutaan ayam yang digunakan dalam industri produksi telur di Indonesia menghabiskan seluruh hidupnya dalam kerangkeng kawat sempit yang dikenal sebagai “kandang baterai”. Dalam kandang ini, para unggas bahkan tidak bisa berjalan atau melebarkan sayap mereka sepenuhnya.

Setiap kandang memuat 5 hingga 10 ayam, dan setiap ayam hanya memiliki ruang yang lebih kecil dari selembar kertas A4. Banyak yang tidak selamat dan mereka yang berhasil hidup, seringkali terpaksa hidup dengan sisa-sisa jasad mereka yang telah mati.

 

Karena kekejaman ini, kandang baterai telah dilarang di seluruh Uni Eropa, Bhutan, Selandia Baru dan berbagai negara bagian Amerika. Kanada juga sudah berkomitmen untuk secara bertahap mengakhiri kekejaman ini.

BANTU KAMI MENGHENTIKAN PENGGUNAAN KANDANG BATERAI

DI INDONESIA

Kami tahu bahwa tidak ada satu pun metode eksploitasi hewan yang baik. Tapi karena kita tidak bisa mengakhiri industri produksi hewan dalam semalam, setidaknya kita dapat menjamin bahwa hewan memiliki kondisi kehidupan yang lebih baik.

SISTEM BEBAS KANDANG

SISTEM FREE-RANGE ATAU ORGANIK

Dalam sistem bebas kandang, ayam hidup di kandang tanpa akses luar ruangan. Ini berarti mereka tidak memiliki kesempatan untuk berada di atas rumput atau tanah.

Namun di dalamnya, setidaknya ayam memiliki ruang yang cukup untuk berjalan dan mengakses area dengan kotak sarang untuk bertelur, area dengan jerami atau pasir untuk mencari makan, dan tempat untuk memanjat dan bertengger.

Ayam dapat memiliki akses ke padang rumput, di mana mereka bisa menikmati sinar matahari dan menghabiskan waktu mereka menggali tanah, mencari serangga dan makanan.

 

Mereka hanya diberi makanan yang berasal dari sayuran dan tidak diberikan antibiotik. Sistem organik mensyaratkan bahwa pakan ternak diproduksi tanpa menggunakan pestisida atau produk kimia lainnya.

Apakah bebas kandang berarti bebas dari kekejaman?

Sistem bebas kendang memiliki potensi besar untuk mengurangi penderitaan para hewan. Menyingkirkan kandang baterai yang kejam, agar memungkinkan hewan untuk bergerak, bersosialisasi satu sama lain dan melakukan berbagai perilaku alami yang penting untuk kesejahteraan mereka.

Masalah yang juga terjadi dalam sistem bebas kandang, ketika mereka tidak dikelola dengan baik, adalah bahwa hewan menjadi stres dan mulai mematuk, sampai mematuk bulu-bulu ayam lain di sekitarnya atau bahkan kanibalisme.


Selain itu, sistem kandang bebas juga tetap mengirimkan ayam petelur ke rumah jagal setelah 1-2 tahun produksi telur. Persis ketika produktivitas telur ayam menurun, mereka dimasukkan ke dalam kotak-kotak kecil dan dibawa ke rumah jagal.

KATAKAN YA UNTUK HIDUP, DAN TIDAK UNTUK TELUR

Cara terbaik untuk membantu hewan adalah berhenti mengonsumsi produk yang mereka hasilkan, seperti daging, susu, telur, dan produk lain yang mengandung bahan-bahan ini. Jika kalian telah memilih untuk tidak berkontribusi pada segala jenis penderitaan dan kekejaman, cek resep ini tentang cara mengganti telur dan membuat mayones tanpa produk hewani!