Krispy Kreme mengumumkan kebijakan bebas kandang secara global



Krispy Kreme, perusahaan donat Amerika dan juga yang bergerak dalam usaha kopi, baru saja mengumumkan kebijakan bebas kandang secara global untuk semua waralabanya. Setelah usaha dialog awal Sinergia Animal yang dilakukan di tahun 2019 dan beberapa negosiasi dan diskusi beberapa kali kemudian, pada Juni lalu perusahaan tersebut mengumumkan bahwa mereka akan secara bertahap menghentikan penggunaan telur dari kandang baterai, dan akan menyelesaikan transisi tersebut di tahun 2026.


Perusahaan yang memiliki sekitar 1.400 lokasi di seluruh dunia ini, telah beroperasi dengan komitmen 100% bebas kandang di Rusia, Inggris, Afrika Selatan, dan Turki, dan semua operasinya di Timur Tengah serta India menggunakan donat tanpa telur. Krispy Kreme juga telah berkomitmen untuk mengubah 75% sistem globalnya dan 100% merek AS “Sweet Treat”nya menjadi bebas kandang pada akhir tahun 2021.


Kandang baterai dianggap sebagai salah satu praktik paling kejam dalam peternakan hewan. Dalam sistem industri intensif ini, ayam petelur tidak dapat menunjukkan perilaku alaminya, seperti mengepakkan sayap mereka sepenuhnya, mematuk, dan bersarang. Karena sistem kurungan yang ekstrim ini, mereka juga mengalami tingkat stres yang tinggi dan jauh lebih rentan terhadap perkembangan penyakit.