Colorado menjadi negara bagian Amerika Serikat ke delapan yang melarang kandang baterai

July 25, 2020

Peraturan baru di Colorado akan memastikan semua produksi telur dan yang dijual di negara bagian Amerika Serikat tersebut, 100% bebas kandang baterai di tahun 2025. Undang undang yang sudah ada dalam rancangan undang-undang sejak Juni, telah disetujui oleh legislator negara bagian tersebut dan ditandatangani oleh Gubernur Jared Polis. 

 

 

Melalui peraturan tersebut, hampir 5,5 juta ayam akan hidup dalam sistem bebas kandang baterai, termasuk dalam enriched cages dengan manfaat fisik dan psikologi seperti sarang, tempat bertengger, menggaruk, dan area untuk mandi debu. Kondisi tersebut tentu akan mengurangi penderitaan ayam karena mereka akan terbebas dari kandang baterai dengan ruang yang sangat terbatas. 

 

“Hal ini menjadi contoh bagaimana produksi telur akan terbebas dari kandang baterai di seluruh dunia. Ini merupakan hal terkecil yang dapat kita lakukan untuk jutaan hewan sebagai makhluk hidup, berdasarkan beberapa studi saintifik,” ungkap Dian pitaloka, Manajer Kampanye Act for Farmed Animals. 

 

Perubahan yang tidak terhentikan

 

Colorado merupakan negara bagian Amerika ke delapan yang meluncurkan hukum bebas kandang baterai dalam empat tahun terakhir, setelah Michigan, Oregon, Washington, Massachusetts, California, Ohio, dan Pulau Rhode. Tren ini didukung oleh organisasi pelindung hewan, permintaan konsumen dan kebijakan bebas kandang baterai oleh perusahaan-perusahaan besar seperti Nestle, Mondelez International, Unilever, Kraft Heinz, Burger King, and McDonald's. Perusahaan perusahaan tersebut mengubah rantai pasoknya dengan menghentikan suplai telur yang berasal dari kandang baterai di Amerika Serikat dan banyak negara lainya. 

 

 

Saat ini 26% telur yang diproduksi dan dijual di Amerika Serikat telah bebas kandang baterai, pertumbuhan yang signifikan sejak enam tahun yang lalu, yang hanya sebesar 5%. Organisasi-organisasi yang memimpin proposal tersebut merayakan kemenangannya, melihat bagaimana sulitnya mengeluarkan undang-undang baru di masa krisis ini. 


Mengapa bebas kandang baterai? 


Kandang baterai merupakan salah satu sistem paling kejam dalam industri makanan. Ayam menghabiskan seluruh hidupnya dalam ruang gerak yang lebih kecil dan kotor dari kertas A4. Mereka dipaksa berjejalan dalam kelompok yang menyebabkan stress, kehilangan sayap, dan penyakit serta rasa sakit.

 

 

 

 Foto : We Animals 


Apa yang dapat kamu lakukan untuk ayam-ayam di Indonesia? 


Sinergia Animal meminta untuk para perusahaan besar di Indonesia untuk berhenti menggunakan atau memasarkan telur dari kandang baterai untuk mengubah industri makanan. Tolong kita untuk memberi desakan ke McDonald’s Indonesia dengan menanda tangani petisi ini: change.org/mcdonaldsindo⁣
 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Please reload