Tiga perusahaan kembali berkomitmen untuk bebas kandang



Baru-baru ini tiga perusahaan kembali mengumumkan komitmen bebas kandang baterai untuk produk mereka. Dua diantaranya adalah perusahaan internasional, yaitu Focus Brands dan Groupe Le Duff yang merilis kebijakan bebas kandang baterai 100% sepenuhnya untuk diterapkan pada semua produknya secara global setelah kampanye yang dilakukan oleh Open Wing Alliance, yang dimana Sinergia Animal termasuk aktif berkontribusi dan berkampanye di dalamnya. Secara paralel, jaringan restoran dari Chili yaitu Tquila, juga mengumumkan komitmen untuk semua lokasinya di negara tersebut.


Dengan jumlah 6.300 restoran, kafe, toko es krim, dan toko roti di lebih dari 60 negara, pemilik waralaba layanan makanan yang berbasis di AS, Focus Brands ini, telah berkomitmen untuk memasok 100% telurnya dari pemasok telur bebas kandang baterai. Transisi ini direncanakan akan selesai sepenuhnya pada tahun 2026 di Amerika Serikat dan Kanada, dan pada tahun 2028 secara global.


Serupa dengan itu, Groupe Le Duff yang berbasis di Prancis, juga telah merilis kebijakan bebas kandang secara global untuk semua mereknya, termasuk juga Brioche Dorée. Beroperasi di 100 negara dengan lebih dari 1.500 restoran dan toko roti, perusahaan ini telah berkomitmen untuk hanya menggunakan telur dari peternakan bebas kandang di semua operasinya pada tahun 2025.


Di Chili, restoran dan bar yang bertema ala Meksiko, Tquila, telah berkomitmen untuk melarang penggunaan produk dari pemasok yang mengurung ayam dalam sistem kandang baterai. Dengan 6 lokasi di Chili, perusahaan tersebut akan menyelesaikan transisinya untuk beroperasi bebas kandang sepenuhnya sampai pada tahun 2025. Hal ini adalah kemajuan besar yang akan berdampak positif pada kehidupan ribuan hewan di Chili.


Kandang baterai dianggap sebagai salah satu praktik paling kejam dalam industri peternakan. Dalam sistem yang intensif ini, ayam petelur tidak dapat hidup selayaknya perilaku alami mereka, seperti mengepakkan sayap sepenuhnya, mencari makan, dan bersarang. Karena sistem kurungan yang ekstrim ini, mereka mengalami tingkat stres yang tinggi dan jauh lebih rentan untuk terinfeksi penyakit yang berbahaya.


Sinergia Animal menggunakan dialog, negosiasi, dan kampanye untuk kesadaran publik demi mendorong perusahaan-perusahaan makanan dan produksi makanan besar agar mengadopsi kebijakan bebas kandang baterai dalam rantai pasokan bisnis mereka.