Tiga perusahaan Argentina kembali menolak kandang baterai






Tiga perusahaan di Argentina, Brioche, Carne, dan Pampa Gourmet, baru-baru ini mengumumkan kebijakan bebas kandang untuk semua rantai pasok mereka setelah negosiasi dengan Sinergia Animal.


Brioche Dorée dari Argentina baru-baru ini mengumumkan kebijakan bebas kandang untuk diterapkan di semua lokasi mereka. Perusahaan tersebut merupakan bagian dari Groupe Le Duff, sebuah operasi bisnis internasional dan jaringan toko roti/kafe terbesar kedua di dunia. Di Argentina, perusahaan ini memiliki 20 lokasi dan sebagian mendapatkan telurnya dari sistem bebas kandang.


Hanya beberapa hari setelah peluncuran kampanye Sinergia Animal, Carne berkomitmen untuk menghentikan penggunaan telur dari kandang baterai secara bertahap sampai dengan tahun 2025. Dengan 4 restorannya di Argentina, yang juga dijalankan oleh salah satu koki top dunia, Mauro Colagreco, Carne juga telah menerbitkan komitmen untuk hanya menggunakan telur bebas kandang untuk semua produk mereka.


Sementara itu, Pampa Gourmet, produsen saus dan mayones Argentina, juga berkomitmen untuk hanya menggunakan telur bebas kandang. Meskipun mereka sudah menggunakan telur dari sistem bebas kandang, kebijakan ini membuktikan bahwa keputusan mereka bersifat permanen. Komitmen Pampa Gourmet sangatlah penting karena perusahaan terebut juga memasok produknya ke restoran-restoran besar di negara tersebut.


Harapanya komitmen ini akan mendorong lebih banyak perusahaan lain lagi untuk membuat perubahan serupa di sektor gastronomi di Argentina dan luar negeri.


Mayoritas telur yang diproduksi di Amerika Selatan masih berasal dari sistem kandang baterai, sebagai sistem yang dianggap sebagai salah satu praktik dalam industri peternakan paling kejam bagi hewan. Dalam sistem ini, ayam petelur menghabiskan seluruh hidup mereka di kandang kawat logam kecil yang sempit, di mana mereka tidak dapat melakukan banyak perilaku alami mereka, seperti tindakan sederhana berupa melebarkan sayap atau mandi debu.


Karena kekejaman praktik ini, lebih dari seribu perusahaan telah mengadopsi kebijakan bebas kandang di seluruh dunia. Banyak perusahaan makanan terkenal di Argentina seperti Havanna, Green Eat and Carrefour, Café Martinez, Le Pain Quotidien, dan Tostado Café Club, juga telah berkomitmen untuk melakukan langkah serupa.


Kecimpung Sinergia Animal di Argentina melibatkan pengurangan penderitaan ayam petelur di industri telur. Melalui dialog, negosiasi, dan kampanye kesadaran publik dengan perusahaan makanan besar di negara ini, LSM ini mendorong komitmen bebas kandang untuk diadopsi oleh perusahaan dalam rantai pasok mereka.