Dosen Harvard menulis buku yang meminta manusia memikirkan kembali hubungan mereka dengan hewan

March 12, 2020

 

Christine Korsgaard, Profesor Filsafat di Universitas Harvard, baru saja merilis sebuah buku yang terasa seperti mimpi yang menjadi kenyataan, bagi setiap pembela hak-hak hewan. Buku tersebut berjudul “Fellow Creatures: Our Obligations to the Other Animals”, atau yang dapat diterjemahkan sebagai “Sesama Makhluk: Kewajiban kita terhadap Binatang Lain”. Ia berpendapat bahwa manusia pada dasarnya tidak lebih penting daripada binatang, dan karenanya kita harus memperlakukan mereka lebih baik dari yang saat ini kita lakukan.

 

Menurut Korsgaard, yang adalah seorang ahli dalam filsafat moral, adalah tugas kita, sebagai manusia, untuk menghargai sesama makhluk hidup bukan sebagai alat, tetapi sebagai sesama makhluk yang hidup dan mampu memiliki kesadaran, serta memiliki kehidupan yang baik atau buruk bagi mereka. Ini termasuk, baginya, tidak memakannya! Korsgaard telah menjadi vegetarian selama 40 tahun dan baru-baru ini juga menjadi vegan.

 

“Hewan adalah makhluk hidup dan beberapa mampu berinteraksi dengan kita, tetapi di sisi lain mereka ada di piring kita, menarik gerobak, diburu, dan kita buat berkelahi satu-sama lain untuk hiburan”, ia menjelaskan dalam sebuah wawancara dengan Harvard Gazette.

 

Ia juga mempertanyakan apa yang tampaknya merupakan gagasan yang telah ditanamkan sejak lama, bahwa manusia secara alami lebih penting daripada hewan lainnya. Menurutnya, apa yang menurut seseorang baik untuknya, baik untuknya. Apa pun yang penting untuk seseorang, penting untuknya. Karena itu, pertanyaannya adalah: manusia lebih penting bagi siapa?

 

“Kita mungkin lebih penting bagi diri kita sendiri, tetapi itu tidak membenarkan perlakuan kita terhadap hewan, seolah-olah mereka tidak penting. Sama seperti fakta bahwa keluarga Anda akan lebih penting untuk anda, tidak menjadi pembenaran bagi Anda untuk memperlakukan keluarga orang lain seperti mereka tidak penting`` ujarnya.

Meskipun menginisiasi perdebatan-perdebatan baru dan menyebabkan beberapa tidak sepakat, hak-hak hewan mulai mendapat sorotan - dan Korsgaard berpikir ada ruang untuk harapan bahwa orang akan lebih memikirkan cara kita memperlakukan hewan sebagai masalah pada nilai-nilai moral.

 

Jika Anda juga merasa tidak setuju dengan kekejaman pada hewan yang ada dalam industri makanan, silakan pertimbangkan menjadi vegan, atau setidaknya kurangi konsumsi produk hewani Anda sedikit demi sedikit! Tidak hanya itu, Anda juga dapat bergabung dengan tim sukarelawan kami untuk membantu memperjuangkan hak-hak mereka. Klik di sini untuk memulai langkah 21 hari vegan
 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Please reload