Gerakan bebas kandang baterai tumbuh subur di Amerika Latin



Tiga perusahaan di Amerika Latin kembali mengumumkan bahwa mereka akan bebas kandang baterai setelah berdialog dengan Sinergia Animal. Pif Paf Alimentos (Brasil), Productos La Locura (Kolombia), dan El Trigal (Uruguay) telah merilis kebijakan bebas kandang baterai untuk diterapkan dalam rantai pasok mereka.


Dengan lebih dari seribu produk Pif Paf Brasil yang diekspor dari Argentina ke Jepang,perusahaan Brasil ini telah berkomitmen untuk mengadopsi sistem bebas kandang babi besi secara kolektif untuk para babi pada tahun 2029, yang berarti mereka melarang penggunaan kandang besi individu untuk para hewan yang sedang hamil. Pif Paf juga berkomitmen pada kebijakan yang berkaitan dengan kesejahteraan babi lainnya, termasuk pemotongan telinga/ ear notching serta transisi ke bebas kandang besi secara 100%.


Di Brasil, sebagian besar peternakan masih menggunakan kandang besi, yang berupaya untuk menjaga babi betina dalam kurungan dan isolasi ekstrim selama periode kehamilan mereka—dari 28 hari hingga tiga bulan—mencegah mereka untuk dapat berbalik. Babi diinseminasi buatan sekitar tiga kali setahun, yang berarti bahwa para hewan ini menghabiskan sebagian besar hidup mereka di kandang besi individu dan terisolasi.


Jaringan kafe dan kue La Locura – dengan lebih dari seratus lokasinya di Kolombia – baru-baru ini merilis kebijakan bebas kandang baterainya di tahun 2019. Sejak saat itu, perusahaan ini hanya menggunakan telur dari sistem bebas kandang baterai di semua produknya.


Beroperasi sejak 1948, Perusahaan Uruguay El Trigal juga berkomitmen untuk berhenti menggunakan telur yang bersumber dari sistem kandang baterai di semua produknya. Perusahaan kue dan produk gourmet ini juga hadir di Amerika Serikat, Brasil, dan Paraguay. Transisi ini direncanakan akan selesai sepenuhnya pada tahun 2025.


Kandang baterai dianggap sebagai salah satu praktik paling kejam dalam industri peternakan hewan. Dalam sistem yang intensif ini, ayam petelur tidak dapat melakukan banyak perilaku alami mereka, seperti melebarkan sayap sepenuhnya, mematuk, dan bersarang. Karena kurungan yang ekstrim, mereka mengalami tingkat stres yang tinggi dan jauh lebih rentan terhadap perkembangan penyakit yang menyakitkan.


Sinergia Animal menggunakan dialog, negosiasi, dan kampanye kesadaran untuk mendorong perusahaan makanan besar mengadopsi kebijakan bebas kandang dalam rantai pasokan mereka.