Perusahaan Amerika Latin dan Asia mengatakan 'tidak' untuk kandang baterai



Setelah dialog yang dilakukan dengan Act for Farmed Animals, koalisi antara Sinergia Animal dan organisasi perlindungan hewan di Indonesia, Animal Friends Jogja, brand ternama di Indonesia, Ismaya Group baru-baru ini mengumumkan kebijakan bebas kandang untuk telur ayam dalam rantai pasok mereka. Jaringan pizza Amerika Latin Almacén de Pizzas juga berkomitmen untuk hanya membeli produknya dari pemasok yang menjamin untuk tidak memelihara ayam dalam sistem kandang baterai.


Didirikan pada tahun 2003, perusahaan Ismaya Group berkomitmen untuk melakukan transisi ke rantai pasok 100% bebas kandang. Dengan lebih dari 60 lokasi di seluruh dunia dan 20 brand lain di bawah payungnya, perusahaan ini juga hadir di industri perhotelan, terutama di Asia (termasuk Indonesia). Transisi Grup Ismaya ini direncanakan akan selesai pada tahun 2028.


Dengan 25 lokasi di negara-negara Amerika Latin termasuk Argentina, Uruguay, Paraguay, dan Peru, jaringan restoran pizza Almacén Pizza mengumumkan kebijakan untuk hanya menggunakan telur ayam yang tidak bersumber dari sistem kandang baterai. Kebijakan yang akan selesai seluruhnya pada tahun 2025 ini akan diterapkan di seluruh lokasi perusahaan di wilayah tersebut.


Kandang baterai merupakan bentuk kandang paling umum untuk ayam yang bertelur di lingkungan industri yang intensif, dan dampak sistem ini terhadap ayam sangatlah besar. Dari sistem tersebut, kira-kira menampung rata-rata 5 sampai 10 ayam, menyediakan setiap individu ayam dengan ruang kurang dari selembar kertas A4. Ruang sempit tersebut mencegah ayam untuk bisa melakukan perilaku alami mereka seperti bersarang atau menyebarkan sayap mereka sepenuhnya.


Sinergia Animal menggunakan dialog, negosiasi, dan kampanye publik untuk mendorong perusahaan makanan mengadopsi kebijakan bebas kandang dalam rantai pasok mereka.


Kurungan di kandang dapat menyebabkan ayam menderita dan frustrasi sepanjang hidup mereka. Penerapan kebijakan bebas kandang ini merupakan kemajuan besar yang akan berdampak pada kehidupan ratusan ribu ayam di Amerika Latin dan Asia.