HMSHost Autogrill mengumumkan komitmen kandang bebas baterai di Indonesia

September 29, 2020

 

Setelah negosiasi yang dilakukan dengan Act for Farmed Animals, koalisi Sinergia Animal dan Animal Friends Jogja, HMSHost Autogrill Indonesia mengumumkan komitmen bebas kandang dengan tenggat tahun 2025. Hal tersebut berarti bahwa produk yang dijual di toko mereka di seluruh Indonesia tidak lagi diproduksi dengan sistem kandang baterai. Ini merupakan langkah yang sangat penting untuk membebaskan Ibu ayam dari kandang, dimana kandang baterai sebagai salah satu praktik paling kejam dalam sistem praktek peternakan hewan. 


Kantor pusat HMSHost di Eropa telah memiliki komitmen terhadap kandang bebas baterai sejak tahun 2019. Sebagai bagian dari strategi global HMSHost International “Start from SomewHERE,” anak perusahaan di Indonesia turut memutuskan pada Senin lalu untuk terlibat dan berkontribusi dalam kebijakan kesejahteraan hewan

 

Cek kebijakan tersebut disini


Realita Kandang Baterai 


Indonesia merupakan produsen telur terbesar di Asia Tenggara, dan merupakan negara ketiga tertinggi di antara negara dalam Kerjasama Ekonomi Asia-Pasifik (setelah Amerika dan Cina). 


Mayoritas dari 150 juta ayam di Indonesia dibesarkan di kandang baterai, sistem yang termasuk dalam salah satu praktek terkejam dalam industri peternakan. Ayam menghabiskan seluruh hidupnya dalam ruang gerak yang lebih kecil dari kertas A4, dimana mereka tidak bisa leluasa berjalan atau merentangkan sayapnya. Akibat kandang yang terlalu penuh, tubuh ayam yang mengalami kontak secara terus menerus dengan jeruji kandang membuatnya kehilangan bulu-bulunya. Kurangnya gerak fisik menyebabkan mereka mengalami penyakit tulang dan patah tulang yang menyakitkan. Peternakan bebas kandang baterai dapat secara signifikan mengurangi penderitaan ayam tersebut, dan dapat memberikan kesempatan bagi mereka untuk mengekspresikan  perilaku alaminya, seperti bergerak bebas, bersarang, mematuk, dan bertengger. 


Selain itu, kondisi keamanan pangan di peternakan kandang baterai juga menjadi kekhawatiran utama. Banyak studi yang telah dilakukan di Uni Eropa memperlihatkan resiko  kontaminasi salmonella di kandang baterai lebih tinggi secara signifikan daripada di peternakan bebas kandang baterai. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), salah satu tipe salmonella yang paling umum “diestimasikan menyebabkan 93.8 juta kasus gastroenteritis akut dan 155.000 kematian secara global setiap tahunnya, dan diperkirakan 85 persennya dapat ditularkan melalui makanan”. 
 

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Please reload