Satu dari empat masyarakat inggris memilih susu nabati daripada susu hewani

March 7, 2020

 

Seiring naiknya tingkat kesadaran masyarakat Inggris akan konsekuensi kesehatan, lingkungan, dan etis atas apa yang mereka konsumsi, sebuah studi baru menunjukkan bahwa seperempat dari mereka memilih susu nabati daripada susu hewani. 23% orang di Inggris menggunakan alternatif susu nabati dalam tiga bulan hingga Februari 2019 - pada 2018 angka ini hanya mencapai 19%. Perempuan dan para pemuda adalah yang paling terbuka terhadap alternatif-alternatif ini.

 

Kemudahan dalam menemukan susu yang terbuat dari almond, gandum, kelapa, kacang polong, dan bahan lainnya di rak-rak etalase semua tempat perbelanjaan, tidak heran jika penjualannya meningkat berkali-kali lipat. Penjualan susu gandum telah melonjak 71% dari 2017 hingga 2019, misalnya.

 

Untuk alasan kesehatan dan lingkungan ...

 

Ada beberapa alasan jelas atas kenaikan angka ini. 37% orang berusia antara 16 dan 24 tahun menggantinya karena alasan kesehatan, dan mereka sepenuhnya benar! Karena semakian banyaknya studi ilmiah yang muncul, semakin sulit untuk menyembunyikan kebenaran: produk susu tidak hanya tidak sehat, tetapi juga terkait dengan banyak penyakit serius dan bahkan peningkatan angka kematian. (Spoiler: susu sama sekali tidak punya hal apapun yang baik terkait dengan kesehatan tulang!)

 

 

 

Peningkatan kepedulian terhadap lingkungan juga berperan dalam hal ini, dan 36% dari mereka sepakat bahwa peternakan sapi perah memiliki dampak negatif yang besar terhadap lingkungan. Ada sebuah penelitian dari Universitas Oxford yang menganalisis tentang dampak lingkungan dari susu hewani, susu beras, susu kedelai, susu gandum, dan susu almond, diukur dari jumlah emisi serta penggunaan lahan dan air. Hasilnya menunjukkan bahwa, emisi gas rumah kaca dari produk susu tiga kali lebih tinggi daripada alternatif susu nabati, dan menunjukkan bahwa susu kedelai dan gandum hanya menghabiskan jumlah air yang jauh lebih sedikit. Sementara itu, susu sapi membutuhkan penggunaan lahan setidaknya 10 kali lebih luasj dibandingkan alternatif susu nabati.

 

Meminum satu gelas susu sehari selama setahun penuh, sama dengan mengendarai mobil berbahan bakar minyak sejauh 941 km dan mandi 703 kali dengan shower selama delapan menit. Jumlah yang sama untuk susu gandum, hanya setara dengan mengendarai mobil sejauh 270 km dan mandi 54 kali saja!

 

... Tetapi juga karena rasanya enak!

 

Namun bagian yang mengejutkan adalah, orang-orang ini tidak berubah hanya karena mereka sadar akan kerusakan yang ditimbulkan oleh industri susu, tetapi juga karena mereka benar-benar percaya susu nabati lebih lezat dan kaya rasa dibandingkan dengan susu sapi! Setidaknya, itulah yang dikatakan 21% dari para peserta penelitian.

 

 

Tiga alternatif untuk susu sapi

 

Susu kedelai

 

Alternatif susu ini adalah salah satu yang memiliki tingkat protein paling tinggi (mengandung semua asam amino esensial), dan jejak karbon yang diproduksi paling rendah! Orang-orang juga mengkonsumsi susu kedelai karena kaya akan kandungan isoflavon, yang menurut para peneliti memiliki efek antikanker. Berita baiknya adalah, susu kedelai biasanya murah dan sangat mudah ditemukan di mana-mana!

Susu gandum
Susu yang bertekstur seperti krim dengan rasa yang ringan ini, sangat cocok untuk dibuat minuman panas dan juga digunakan untuk memasak! Susu gandum dapat dengan mudah dibuat di rumah, dan karenanya merupakan alternatif yang sangat murah. Cukup campur satu bagian gandum dan 3 bagian air lalu saring. Bahkan kandungan vitamin B2 dalam susu gandum, lebih banyak daripada susu sapi.

 

Susu almond


Ini adalah salah satu yang paling umum digunakan dan memiliki rasa kacang khas yang disebutkan oleh para peserta survei. Susu almond memiliki kalori dan protein yang rendah, lebih sedikit lemak jenuh dan lebih banyak lemak tak jenuh daripada susu sapi. Anda tidak akan pernah menduga, tetapi susu almond memiliki lebih banyak kalsium daripada susu hewani, serta kaya akan vitamin E!

 

Anda prihatin dengan kesehatan Anda, lingkungan dan bagaimana hewan diperlakukan dalam peternakan? Berterimakasihlah kepada banyaknya informasi dan pilihan nabati saat ini, semakin hari menjadi semakin mudah untuk menyingkirkan daging, susu, dan telur - atau setidaknya untuk mengurangi konsumsinya. Jika Anda peduli tentang semua ini, bantu kami menyebarkannya!
 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Please reload