Sebuah startup mulai memproduksi alternatif daging nabati dengan “protein udara”

February 27, 2020

 

 

Alternatif daging nabati di pasaran tidak pernah berhenti membuat kita terkesan. Dari berbagai jenis makanan berbasis nabati dan daging hasil laboratorium, yang beberapa sangat mirip dengan daging hewani, bahkan sebagian lainnya terlihat mengeluarkan darah, terdapat berita baru bahwa ada protein yang terbuat dari udara–ya, dari udara! Terinspirasi dari teknologi NASA, sebuah startup Amerika Serikat membuat bubuk pengganti daging yang berasal dari mikroba yang ditemukan di udara, yang berasal dari protein yang dibuat dari elemen alam yang ditemukan di udara dan dalam air untuk membuat protein yang ramah vegan. 

 

Dengan menggunakan energi terbarukan dan proses produksi probiotik, AirProtein mengubah “elemen-elemen ini menjadi protein yang kaya nutrisi dengan asam amino yang sama dengan protein hewani, dan diperkaya dengan vitamin B yang penting, `yangs seringkali kurang dalam pola makan vegan”. Idenya adalah bahwa bubuk ini mampu menggantikan  protein kedelai atau kacang-kacangan dalam produk daging alternatif berbasis nabati.  

 

Proses ini sama dengan membuat yoghurt atau bir, dalam ruang fermentasi yang besar, namun cenderung hanya membutuhkan sedikit ruang jika dibandingkan dengan produksi daging tradisional. Prosesnya juga jauh lebih cepat, karena bubuk ini dapat diproduksi hanya dalam beberapa jam, dibandingkan dengan waktu berbulan-bulan yang dibutuhkan dalam industri peternakan hewan, dan juga tidak tergantung pada cuaca dan musim. 

 

Ini dapat menjadi terobosan yang dapat meningkatan ketahanan pangan dunia, berdasarkan Organisasi Pangan dan Pertanian PBB (FAO) Organisasi Agrikultur Makanan (FAO), kita harus meningkatkan produksi makanan sebesar 70% dengan hanya 5% peningkatan luas lahan untuk memenuhi kebutuhan populasi yang terus meningkat sebesar 10 juta di tahun 2050. 

 

Berdasarkan Business Insider, “Perusahaan ini berencana untuk mengumumkan produk yang dapat dibeli konsumen di tahun depan, namun belum mengatakan dalam bentuk apa produk tersebut dijual”. 

 

Apakah kamu mau mendahului mereka membuat perubahan revolusioner dalam  sistem pangan kita? Menyingkirkan daging, susu, dan telur adalah cara terbaik untuk memulainya. Ayo ikut dalam program 21harivegan  dan ikuti program sukarelawan kami. Kamu juga bisa menolong kami untuk membuat pola hidup vegan berkembang dengan memberikan donasi.

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Please reload