8 film dan dokumenter vegan yang harus Anda tonton

January 3, 2020

Sebuah dokumenter yang membuka mata banyak orang–The Game Changers, baru-baru ini dirilis di Netflix, dan orang-orang tidak berhenti membicarakannya. Jika Anda juga pengguna Netflix, bahkan ada lebih banyak film dan dokumenter tentang veganisme dan animal rights yang bisa Anda tonton, untuk mengisi waktu Anda. Inilah beberapa di antaranya:

 

 

1. The Game Changers


Film yang akhir-akhir ini paling populer, adalah dokumenter The Game Changers, yang menunjukkan manfaat dari pola makan nabati, terhadap atlet dengan performa yang tinggi: mengurangi peradangan, risiko penyakit jantung dan masalah metabolisme yang lebih rendah, serta mengatasi bermanfaat untuk kesehatan seksual dan reproduksi. Bukan hanya sekadar kebetulan, informasi ini diperoleh dari para atlet terkemuka seperti Arnold Schwarzenegger, pembalap Formula 1 Lewis Hamilton, petenis Novak Djokovic, dan pemain bola basket NBA Chris Paul, serta berbagai selebritis lainnya seperti Jackie Chan dan James Cameron.

 

 

 

2. What The Health


Jika Anda tertarik untuk mengulik hubungan gelap antara pemerintah, peternakan, dan industri farmasi, ini adalah film yang tepat untuk Anda. What The Health mengkritik dampak kesehatan dari konsumsi daging dan produk susu, sambil memberikan beragam informasi ilmiah, dengan menampilkan banyak wawancara dengan para ahli. Tidak mengherankan, banyak orang menjadi vegan setelah menontonnya!

 

 

 

3. Okja


Jika Anda lebih suka film fiksi dibandingkan dokumenter, Anda harus menonton Okja. Film produksi gabungan Korea Selatan dan Amerika ini, bercerita tentang seorang gadis yang membesarkan superpig yang telah dimodifikasi secara genetik, yang ditakdirkan untuk dikirim ke pembantaian. Selain beberapa elemen fantasi di dalamnya, film ini sungguh realistis dan mengejutkan, dalam konteks yang menunjukkan bagaimana industri daging beroperasi.

 

 

 

4. Cowspiracy


Salah satu film tentang veganisme yang paling terkenal, adalah Cowspiracy–yang dirilis pada 2014 oleh produser yang juga membesut What The Health, tidak lain yakni Leonardo Di Caprio. Film dokumenter ini mengeksplorasi dampak dari peternakan hewan pada lingkungan, berbicara tentang isu-isu seperti pemanasan global, krisis air, penggundulan hutan, dan zona mati lautan.

 

 

 

5. Earthlings


Earthlings adalah sebuah film klasik! Meskipun dirilis pada tahun 2005 lalu, film ini–sedihnya–masih relevan dengan situasi saat ini, satu setengah dekade kemudian. Film dokumenter yang dinarasikan oleh Joaquin Phoenix ini, menunjukkan praktik sehari-hari dari beberapa industri terbesar di dunia, dan penderitaan yang dialami oleh hewan-hewan di peternakan pabrikasi, laboratorium penelitian, breeder hewan peliharaan, dan banyak lainnya, menggambarkan sebuah paralel antara rasisme, seksisme, dan spesiesisme.

 

 

 

6. Dominion


Paul McCartney berkata, "Jika rumah jagal terbuat dari kaca, semua orang akan menjadi vegetarian." Ya, rumah jagal memang tidak terbuat dari kaca, tetapi dengan dokumenter Australia ini, Dominion, segala sesuatu yang terjadi dalam industri daging, susu, telur, pakaian, serta hiburan, terekspos melalui drone, rekaman tersembunyi, dan kamera handheld.

 

 

7. Food Choices


Direktur Michal Siewierski menghabiskan tiga tahun untuk mewawancarai lebih dari 30 ahli dari berbagai bidang, mengenai dampak makanan yang kita makan terhadap kesehatan manusia, lingkungan, dan pada kehidupan spesies hidup lainnya. Sebagai hasilnya, Food Choices mencoba untuk memberikan jawaban atas pertanyaan tentang 'apa pola makan yang paling sehat' dan paling berkelanjutan untuk diri kita sendiri, planet kita, dan generasi mendatang. Tonton Food Choices di Vimeo:

 

 

 

8. Live and Let Live


Live and Let Live adalah film dokumenter yang menyatukan enam kisah berbeda tentang individu yang menjadi vegan: dari seorang mantan tukang daging yang menjadi koki vegan, seorang mantan peternak yang memulai sebuah sanctuary, seorang atlet profesional, dan aktivis hak-hak hewan. Di film ini juga dihadirkan Melanie Joy, seorang sosiolog dan psikolog yang membahas ideologi karnisme; George Rodger, ketua The Vegan Society; Peter Singer, profesor bioetika, dan banyak ahli lainnya, untuk menjelaskan alasan etika, lingkungan, dan kesehatan mengapa orang menjadi vegan. Tonton Live and Let Live di Vimeo:

 

 

Setelah semua informasi ini, Anda pastinya bertanya-tanya pada diri sendiri , tentang bagaimana caranya menjadi vegan. Psst: ini lebih mudah dari yang Anda bayangkan! Klik di sini dan terima tantangan kami.

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Please reload