6 Sumber Pangan Nabati yang Kaya Akan Kalsium

December 17, 2019

 

Setiap kali memberitahu orang-orang bahwa kita adalah seorang vegan, maka pertanyaan pertama yang akan muncul pasti mengenai protein–klasik!, kalsium, dan zat besi. Anggapan bahwa tanaman tidak memiliki semua zat ini, adalah mitos yang harus diklarifikasi!

 

Kalsium sangat penting untuk membantu membangun tulang dan gigi yang kuat, mengatur kontraksi otot–termasuk detak jantung, dan memastikan darah dapat membeku secara normal. Rata-rata untuk orang dewasa, asupan kalsium harian yang disarankan adalah 1.000 mg per hari.

 

Jika berbicara tentang kalsium, pasti susu adalah hal pertama yang muncul di pikiran kebanyakan orang. Ada kepercayaan populer bahwa susu baik untuk tulang, tetapi beberapa peneliti telah membuktikan bahwa itu anggapan yang salah! Dalam sebuah studi dengan 96.000 sukarelawan, ditemukan bahwa semakin banyak seorang pria mengonsumsi susu saat remaja, semakin banyak pula kasus patah tulang yang mereka alami sebagai orang dewasa.

 

Penelitian lain menunjukkan bahwa konsumsi susu terkait dengan peningkatan risiko pengembangan beberapa jenis kanker, diabetes, dan resiko kematian secara umum. Klik di sini untuk membaca semua tentang masalah kesehatan terkait susu.

 

Jadi, ya–susu mengandung kalsium; tetapi, tidak–bukan berarti itu baik untuk Anda, dan kita tidak membutuhkannya untuk mencukupi dosis nutrisi harian. Berikut adalah beberapa alternatif yang kaya dengan kalsium untuk membuktikannya!

 

 

Biji wijen


975 mg kalsium untuk setiap 100g biji wijen, ditambah mineral lainnya, termasuk tembaga, besi dan mangan. Gambarannya, setiap 100g susu mengandung sekitar 125 mg kalsium.

 

 

 

Kacang

 

Kacang adalah sumber kalsium yang baik, tetapi tidak semuanya mengandung jumlah kalsium yang sama. Salah satu yang terbaik adalah kacang putih, dengan 69mg kalsium untuk setiap 100g kacang rebus. Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa kacang juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol "buruk" LDL dan mengurangi resiko diabetes tipe 2.

 

 

Brokoli

 

Secara umum, sayuran dengan warna hijau gelap kaya akan kalsium–dan banyak nutrisi penting lainnya bagi tubuh kita. Mereka tidak bisa dipisahkan dengan pola makan yang sehat. Setiap 100g brokoli, misalnya, memiliki 47 mg kalsium.

 

 

Kale

 

Sekali lagi, sayuran hijau gelap muncul dalam daftar kami. Kale bahkan memiliki lebih banyak kalsium daripada susu (150mg untuk setiap 100g), lebih banyak vitamin C dari jeruk, dan banyak manfaat lainnya, termasuk sebagai senyawa penangkal kanker.

 

 

Tahu

 

Kami fans berat tahu! Terlebih lagi sekarang, setelah mengetahui bahwa untuk setiap 100 g tahu, terkandung kalsium yang luar biasa banyaknya, sejumlah 350 mg! Anda dapat menggunakan tahu dalam banyak resep, seperti 'telur' dadar, tahu bakar atau panggang, kari, pasta, salad, diasinkan, dan bahkan untuk makanan penutup seperti kue keju dan mousses... Kreasinya tak terbatas!

 

 

Minuman yang difotivikasi


Beberapa susu nabati telah diperkaya dengan kalsium. Dengan pola makan vegan yang seimbang, Anda bisa mendapatkan semua kalsium yang Anda butuhkan, tetapi pelengkap kalsium ini dapat memberikan asupan yang lebih baik untuk sebagian orang yang menginginkannya.

 

 

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Please reload