17 brand yang dimiliki oleh 3 perusahaan besar akan bebas kandang baterai di Asia dan Peru



Tujuh belas brand yang dimiliki oleh tiga perusahaan besar di Asia dan Amerika Latin baru saja mengumumkan bahwa mereka akan berkomitmen bebas kandang baterai, setelah dialog yang dilakukan dengan Act For Farmed Animals, koalisi terdiri dari Sinergia Animal dan Animal Friends Jogja, serta bersama dengan para organisasi mitra. Acurio Restaurantes (Peru), Chatrium Hotels and Residences (Thailand, Myanmar, dan Jepang), dan Toridoll (Indonesia) telah merilis kebijakan bebas kandang baterai untuk diterapkan di seluruh rantai pasok mereka.


Di Asia, upaya kami yang dilakukan bersama dengan Open Wing Alliance berhasil mencapai komitmen besar yang akhirnya dirilis oleh Toridoll pada awal September kemarin. Perusahaan multinasional di balik Wok to Walk, Marugame Udon, Boat Noodle, Shoryu, Tamjay Samgor, Pokeworks, dan Monster Curry ini berkomitmen untuk hanya memasok telur dari peternakan bebas kandang baterai pada tahun 2030. Keputusan tersebut berlaku untuk tujuh brand dan seluruh rantai pasokan mereka di Indonesia.


Selain itu, Chatrium Hotels and Residences ikut serta dalam mengambil langkah penting menuju visi berkelanjutan mereka. Dengan tujuh lokasi di seluruh Thailand, Myanmar, dan Jepang, perusahaan internasional ini mengumumkan secara publik untuk memasok 100% telur mereka dalam berbagai bentuk produk (cangkang, cairan, dan produk telur) bebas kandang baterai di semua operasi yang dimiliki dan diwaralabakan oleh mereka.


Perusahaan Peru, Acurio Restaurantes, memiliki sembilan brand, diantaranya adalah: Astrid y Gastón, Tanta, Chicha, Papachos, La Mar, Panchita, El Bodegón, Me late chocolate, dan Barra Chalaca. Semua brand Acurio telah berkomitmen untuk hanya menggunakan telur bebas kandang baterai di 22 lokasi mereka di seluruh negara tersebut. Pengumuman ini dibuat setelah adanya dialog yang dilakukan dengan Sinergia Animal dan ARBA. Transisi mereka akan selesai sepenuhnya pada tahun 2025 mendatang.

Hal ini merupakan kabar baik bagi jutaan ayam yang diternakkan di lima negara ini. Kandang baterai dianggap sebagai salah satu praktik paling kejam dalam industri peternakan. Dalam sistem yang intensif ini, ayam petelur tidak dapat dengan bebas melakukan perilaku alami mereka, seperti melebarkan sayap sepenuhnya, mematuk, dan bersarang. Karena kurungan yang ekstrim, mereka mengalami tingkat stres yang tinggi dan jauh lebih rentan terhadap perkembangan penyakit yang menyiksa mereka.


Sinergia Animal menggunakan dialog, negosiasi, dan kampanye publik untuk mendorong perusahaan-perusahaan makanan untuk mengadopsi kebijakan bebas kandang baterai dalam rantai pasok mereka.