10 Karakter Kartun dan Komik yang Vegan


Ketika berbicara tentang pahlawan super dan juga penjahat favorit kita, seringkali, kebiasaan makan mereka merupakan sebuah misteri bagi kita. Namun, umumnya karena pengaruh para sponsor iklan di kartun atau karena stereotip sosial mereka, pola makan karnivora dari beberapa karakter seperti Homer Simpsons atau Fred Flintstone) lebih dikenal dibandingkan dengan pola makan yang berwelas asih karakter lainya.


Walaupun mereka hanyalah pahlawan super atau karakter kartun sederhana, beberapa karakter dibawah ini ternyata mengikuti pola makan berbasis nabati, yang berarti mereka ikut melindungi hewan. Beberapa dari mereka bahkan terlibat dalam advokasi hak hewan dan juga lingkungan.






1. Wonder Woman oleh Greg Rucka


Sejak Wonder Woman pertama kali muncul di tahun 1941, Putri Diana telah membuat sejarah dan mendobrak sebagai karakter paling kuat di DCU. Sebagai pendiri dari Justice League, Ia merupakan karakter yang cerdas dan penuh kasih.


Ketika Greg Rucka membuat Diana menjadi vegetarian, banyak para penggemar yang melakukan komplain karena banyak yang mengaitkan citra seorang pejuang yang kuat dengan kekuatannya mengonsumsi daging.


Diana, sebagai wanita yang kuat dan juga penuh semanngat, dibesarkan di sebuah pulau yang dipenuhi dengan tanaman hijau-hijauan oleh ras seorang perempuan abadi yang bersumpah terhadap perdamaian dan kesetaraan dan hanya mengambil sesuatu dari alam untuk apa yang mereka butuhkan. Mereka jelas tidak membunuh hewan untuk konsumsi mereka.





2. Pamela Isley atau Poison Ivy


Karakter Pamela merupakan karakter yang membudidayakan, merawat, mendengarkan dan mengonsumsi tanaman. Ia bisa membuat tanaman tumbuh hanya dengan menjentikkan jarinya. Pamela memiliki frekuensi yang sama dengan flora dan fauna, karena Ia memiliki klorofil di pembuluh darahnya.


Dalam episode “Harley and Ivy” kamu bisa melihat pamela memakan sepiring wortel, tomat, mentimun, dan selada dengan jus bit.


Hubungan antara Ivy dengan tanaman juga begitu kuat, hingga Ia menjadi salah satunya. Ia digambarkan sebagai setengah tumbuhan dan setengah manusia. Tujuan Ivy adalah untuk melindungi bayi-bayi tanaman dan lingkungan.



3. Animal Man atau dikenal sebagai Buddy Baker


Serial Buddy “Animal Man” Baker fokus terhadap dedikasi Baker untuk bekerja memperjuangkan hak-hak hewan dan menjadi vegetarian. Ia memiliki kemampuan untuk meminjam karakter hewan sementara, misalnya pendengaran kelelawar. Dia juga menggunakan kekuatan ini untuk melawan kejahatan. Ia juga menghindari kekejaman dengan tidak memakan produk hewani.



4. Magneto atau Erik Lensherr


Walaupun Ia menjadi monster di Supreme Marvel Universe, Magneto memiliki karakter simpatik dalam karakternya spesialnya terhadap hewan. Magneto percaya bahwa mutan lebih unggul dari manusia dan mutan memiliki kesadaran yang lebih tinggi dibandingkan dengan manusia. Disisi lain, walaupun dikatakan bahwa Ia merupakan vegetarian, Ia juga diklaim juga memakan daging manusia atau memangsa manusia untuk diberikan kepada mutan lainya.



5. Damian Wayne atau Robin


Damian Wayne merupakan anak dari Batman dan Talia Al Ghul, yang direkayasa secara genetik, dan merupakan orang kelima yang menggunakan jubah Robin. Ia telah menjadi vegetarian sejak cerita di tahun 2012, saat dimana Batman dan Damian menyelamatkan seekor sapi dari rumah jagal, dan setelah itu Damian menyatakan bahwa Ia akan menjadi vegetarian dan memberikan panggilan sapi yang diselamatkan bernama Bat-Cow.


Menariknya, Bat-cow menjadi karakter yang termasuk dalam cerita di keluarga Batman, dan bahkan muncul di berbagai kanal media, seperti video game Lego Batman dan berbagai komik anak-anak.

VIDEO


6. Bruce Banner (Alter-Ego Hulk)


Dalam Ultimate Wolverine vs Marvel’s Hulk diungkapkan bahwa Bruce mencoba untuk menjaga pola hidup sehatnya, melakukan meditasi, berolahraga, dan juga menjadi vegan, untuk mencegah monster hijau Hulk di sisi lain dirinya, karena alter ego yang dimilikinya memiliki kecenderungan kanibal.



7. Superman Mark Waid


Diyakini bahwa sejak Clark Kent dibesarkan di Kansas, Ia mengikuti pola makan para petani Amerika di paruh abad ke 20 pertama, namun dalam edisi Birthright #2, sudut pandang ini berubah.


Pada tahun 2003, saat mark Waid dan Leinil Francis Yu menemukan kembali asal cerita Man of Steel atau Manusia Baja, mereka membuat tokohnya vegetarian. Serial tersebut menjelaskan bahwa Superman sangat terganggu terhadap narasi untuk mengambil nyawa makhluk hidup orang lain, dan akibat alasan tersebut Ia tidak mengonsumsi daging. Karena kekuatanya, Superman telah melihat perjalanan “jiwa” yang meninggal dan menyadari betapa miripnya kematian hewan dengan manusia.



8. Bobby Hill


“And They Call it Bobby Love'' merupakan episode kedua dari serial ketiga animasi Fox King of the Hill. Terlepas dari kenyataan bahwa orang tuanya merupakan karnivora, Bobby menjadi vegetarian untuk membuat kesan kepada seorang gadis yang vegetarian bernama Marie.



9. Shaggy dari Scooby-Doo


Dalam sebuah episode saat Sia, penyanyi, mencoba untuk mengubah Scooby dan Shaggy menjadi vegan. Dan suatu hari, Shaggy berkata bahwa, “Siapa yang mau diawasi- kalau kita malah bisa berkencan dengan Sia?” lalu Scooby menjadwan, “Dan menjadi Vegan!” Lalu, semua orang pergi ke ruangan yang berisi pai vegan, dan mereka semua minum smoothie yang berbasis nabati. Selain itu dalam film tahun 2002 Scooby-Doo : The Movie, Shaggy terlihat memakan burger vegetarian.


Hal tersebut bukan kebetulan. Karena pengisi suara Shaggy adalah Casey Kasem, Ia merupakan seorang penyiar radio yang vegan, dan sering dalam siaran di radio, berbicara tentang hak-hak hewan dan juga lingkungan. Faktanya KSem memerankan Shaggy dari awal seri di tahun 1969 hingga tahun 1997, namun sayangnya Ia berhenti setelah diminta untuk meminjamkan suaranya ke iklan Burger King.



10. Lisa Simpson


Sejak episode bersejarah Lisa the Vegetarian, dari serial The Simpson yang pertama kali disiarkan pada tanggal 15 Oktober 1995, Lisa Simpsons sudah menjadi sosok yang memperjuangkan hewan dan lingkungan.

Ceritanya mengenai pertemuan yang secara tidak sengaja oleh Lisa dengan seekor domba kecil yang sangat manis, yang membuat gadis yang bermain saksofon kecil- yang berusia delapan tahun ini berpikir apakah layak memakan hewan untuk memuaskan rasa laparnya.

Namun Lisa tidak sendiri. Ia juga memiliki teman vegetarian yang membantunya berubah. Apu, pemilik pasar, juga telah menjalani pola hidup yang berwelas asih dan telah menukar hot dog di toko miliknya menjadi hot dog yang terbuat dari tahu, tanpa ada yang tahu.

Paul McCartney dan istrinya, Linda, juga membantu Lisa. Penyanyi Inggris tersebut setuju untuk ikut tampil dalam seri tersebut, namun meminta Lisa untuk tetap menjadi vegetarian selama seri tersebut. Linda mengatakan kepada Entertainment Weekly bahwa episode tersebut merupakan kesempatanya dan suaminya untuk “menyebarluaskan” berita vegetarian kepada audiens yang lebih luas.



Lisa : “Aku belum pernah tampil sebelumnya, namun beberapa kartun Itch & Scratch memberikan pesan bahwa kekerasan terhadap hewan itu lucu.”

Bart : “Mereka kenapa? Kartun tidak memiliki pesan, Lisa.”

Untungnya, Bart memang salah. Kartun dan komik sering kali mempengaruhi cara kita memandang dunia dan membantu kita mempertahankan dan mengubah kebiasaan. Produksi budaya tersebut memungkinkan kita untuk merenungkan mana yang baik dan yang buruk, dan ikut mempertanyakan nilai-nilai yang kita percayai, serta nilai-nilai di masyarakat, serta figur untuk kita tiru.

Jika kamu belum vegan, kenapa kamu tidak mengikuti Superman, Poison Ivy, atau Hulk? Kamu bisa merasa lebih atletik, sehat, dan energik dari sebelumnya. Klik disini untuk mengetahui lebih banyak mengenai pola makan berbasis nabati dan mencoba tantanganya!